Jul 24, 2008

oOoO..Khuah

kita saban hari mendengar pasal ukhuwah.. Hatta kunci kemenangan Islam sendiri merangkumi Iman, UKHUWAH, Management. kadang ukhuwah itu lebih, kadang ia kurang.. bila kurang..tambah-tambah la..jgn malu2..

Hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bahwa Rasulullah bersabda : 'Ada seseorang berada di samping Rasulullah lalu salah seorang sahabat berlalu didepannya. Orang yang di samping Rasulullah tadi berkata : `Aku mencintai dia, ya Rasulullah`. Lalu Nabi menjawab : `Apakah kamu telah memberitahukan kepadanya?` Orang tersebut menjawab : `Belum`. Kemudian Rasulullah bersabda:`Beritahukan kepadanya`. Lalu orang tersebut memberitahukan kepadanya seraya berkata ;`Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah`. Kemudian orang yang dicintai itu menjawab :`Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karena-Nya."

begitu besar maknanya ukhuwah sampai para sahabat pun melakukan perkara-perkara yang menguatkan ukhuwah...

Antara hal-hal yang menguatkan ukhuwah:
  1. Memberitahukan kecintaan kepada yang kita cintai
  2. Memohon dido'akan bila berpisah
  3. Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa
  4. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
  5. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
  6. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
  7. Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya
  8. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
  9. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan

saat dulu mula kenalan, menjadi madu, mungkin sering senyum, saling berbagi.. namun bila tup ! menjadi akhwat..'a aahh.. tak pe .. dia faham.., ana sibuk..byk masalah yang perlu difikirkan..'

ya.. memang begitulah para manusia yang mengakui dirinya kader dakwah, sibuk sampai kadang mengabaikan hal-hal yang menguatkan ukhuwah..

tanpa kita sedari.. kita sering menyakiti orang yang rapat dengan kita.. kadang, di suatu sisi, kita sering mengharapkan sesuatu daripada si akhwat yang sibuk.. tanpa mahu mengerti kekalutan yang dipendamnya.. di sinilah, bila kita saling membantu dan menghulurkan bantuan.. manisnya terasa saat beban dikurang dan sama dipikul tanpa mengurangi hal-hal yang menguatkan ukhuwah...

Maka, apa buah Ukhuwah Islamiyah?

Merasakan lezatnya Iman

Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi)

Mendapatkan tempat khusus di surga (QS.15 : 45-48)

" Sesunguhnya di sekitar Arsy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya, yang diatasnya terdapat suatu kaum yang menggunakaan pakaian cahaya. Wajah mereka bercahaya, dan mereka itu bukan Nabi juga bukan para syuhada. Akan tetapi para Nabi dan syuhada tertegun (merasa iri) kepada mereka sehingga berkata : ' Hai Rasulullah, tolong beritahu siapa gerangan mereka itu ?' Beliau menjawab : ' Mereka adalah orang yang menjalin cinta karena Alah, dan saling bermajlis karena Allah, dan saling mengunjungi karena Allah semata." (HR. Nasa'i)

Maka, dari itu, senyumlah sedikit ..moga ia menghapus duka.. Moga, dimudahkan Allah urusan kalian..

No comments:

Post a Comment